Saturday, December 25, 2010

Sandy Bridge - Teknologi terbaru dari Intel

Berawal dari ikut serta saya di seminar singkat tentang open source di Universitas Respati jakarta,dengan bintang tamu Pak Onno Widodo Purbo,sewaktu beliau bicara tentang teknologi terbaru dari Intel dengan sebutan "Sandy Bridge" saya jadi penasaran dan mulai mencari tahu, ternyata Sandy Bridge adalah nama kode untuk mikroarsitektur prosesor yang dikembangkan oleh Intel sebagai penerus Nehalem. Pembangunan dimulai pada tahun 2005. Sandy Bridge menggunakan proses manufaktur 32 nm yang sama seperti Westmere, akan diumumkan kepada publik pada 5 Januari selama Consumer Electronics Show (CES) 2011 setelah yang pertama batch prosesor mainstream akan diluncurkan.
Sandy Bridge merupakan kelanjutan dari yang sudah ada saat ini,dimana Intel memanggilnya dengan Sandy Bridge 2nd generation untuk Core i7, i5 dan i3.Dibanding teknologi sebelumnya, fitur yang ditingkatkan adalah pada kinerja, efisiensi energi, dan beberapa fitur terkait teknologi visual yang dibenamkan langsung pada chip mikroprosesor.

Seperti diketahui, Intel pertama kali mengintregasikan grafis ke dalam prosesor PC pada 2009. Adapun prosesor dan grafis generasi kedua ini akan mulai diproduksi pada kuartal IV-2010.

“Teknologi baru ini memberikan integrasi yang lebih baik antara CPU dan komponen grafis, memberikan performa dan manajemen daya yang lebih baik,” kata Dadi Perlmutter, Executive Vice President and General Manager of the Intel Architecture Group, pada keterangannya, Jumat 17 September 2010 (Sumber)

untuk informasi lainnya tentang sandy bridge bisa kita googling kok,karena teknologi ini sudah mulai banyak dipasarkan walaupun masih terbatas

Sumber : en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment