Saturday, May 5, 2012

Kandungan Buah Sirsak


Buah sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol dan biolavonoid yang berfungsi baik sekali sebagai antioksidan (Antioksidan merupakan sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Yang termasuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, karotin dan mineral)

Kandungan lemak pada sirsak sangat sedikit (yaitu 0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan.
vitamin C merupakan vitamin yang paling dominan pada buah sirsak, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah, sedangkan kebutuhan vitamin C per orang per hari adalah 60 mg, dengan kata lain jika kita makan sirsak sebanyak 300 gram perhari sama itu berarti kebutuhan vitamin C sudah tercukupi.

Kandungan fosfor dan kalsium pada buah sirsak adalah masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang dan dalam jangaka lebih panjang mencegah osteoporosis.

Buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari, dan berdasarkan pengalaman penulis, serat yang terkandung dalam buah sirsak sangat ampuh untuk mengobati wasir, susah BAB dan pencernaan yang bermasalah.


1 comment:

  1. izin copas gan!!!!
    adi-jibek.blogspot.com
    dtunggu kunjungan balek

    ReplyDelete